Adab yang Mulai Dilupakan

Adab yang Mulai Dilupakan
oleh: Malik Sagir

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد للله رب العالمين
اللهم صل علي سيدنا محمد وعلي ال سيدنا محمد
قال الله عز وجل في القران الكريم : ان احسنتم احسنتم لأنفسكم و ان أسأتم فلها

Sebagai hamba Allah yang beriman ,meyakini Al quran dan sunnah sebagai pedoman hidup, tentulah kita harus mengamalkan perintah dan larangannya yang tertuang dalam kitab suci dan sunnahnya.
Rosulalloh sholallohu alaihi wassallam telah mewariskan kepada kita ummatnya dua warisan yang sangat bermanfaat di dunia ,terlebih lagi bermanfaat di akhirat
قال رسول الله صل االله عليه وسلم : تركت فيكم امرين لن تضلوا ما تمسكتم بهما : كتا ب الله و سنتي
Artinya : aku tinggalkan kepada kalian dua perkara yang kalian tidak akan tersesat selamanya selama berpegang teguh dengan keduanya, kitabulloh dan sunnahku.

Di zaman modern yang sekarang ini ,dimana akhlak yang baik menjadi sesuatu yang langka, perbuatan baik menjadi suatu yang aneh di kalangan masyarakat terlebih lagi nilai-nilai agama yang semakin menipis dikalangan ummat islam sendiri.

Sudah seharusnya kita sebagai seorang mukmin, yang meyakini agama islam adalah agama yg benar, agama yang telah datang ,yang dibawa oleh mahluk paling mulia di dunia ini nabi MUHAMMAD SAW untuk bisa menerapkan nilai-nilai agama dalam keseharian kita , terlebih lagi dalam hadis di atas Rosulalloh SAW telah mewariskan kepada kita Al quran dan sunnah sebagai pedoaman dalam menjalani hidup ini, tapi tidak lupa dalam memahami Al quran dan sunnahnya kita harus tetap dibawah bimbingan seorang guru
فا سألوا أهل الذكر ان كنتم لا تعلمون
Artinya : bertanyalah kalian kepada orang-orang yang mempunyai pengetahuan jika kalian tidak mengetahui.

Salah satu firman Allah dalam Al quran yang mungkin bisa kita ambil pelajaran di dalamnya terkait prilaku ( akhlak ) sebagian kaum muslimin, mereka seakan lupa sesuatu yang mereka kerjakan di dunia ini pasti ada balasannya.

قال الله عز وجل في القران الكريم : ان احسنتم احسنتم لأنفسكم و ان أسأتم فلها
Artinya : Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri.

Apabila kita mampu  menyadari bahwa dalam keseharian kita tidak terlepas dari sebab akibat yang terjadi oleh ulah kita sendiri ,baik yang kita kerjakan maka baik pula yang kita dapatkan begitu juga sebaliknya ,maka sudah sewajarnya kita sebagai ummat muslim untuk berprilaku yang baik kepada masyarakat, bukankah islam itu bisa tersebar luas dan bisa diterima dikalangan khalayak karena akhlak yang di perlihatkan oleh para ulama ketika berdakwah
تعلم الأدب قبل أن تتعلم العل
Artinya : Pelajarilah adab sebelum mempelajari suatu ilmu.
Kenapa sampai para ulama mendahulukan mempelajari adab? Sebagaimana Yusuf bin Al Husain berkata,
بالأدب تفهم العلم
“Dengan mempelajari adab, maka engkau jadi mudah memahami ilmu.”
Guru penulis, Syaikh Sholeh Al ‘Ushoimi berkata, “Dengan memperhatikan adab maka akan mudah meraih ilmu. Sedikit perhatian pada adab, maka ilmu akan disia-siakan.”
Ibnu Sirin berkata,
كانوا يتعلمون الهديَ كما يتعلمون العل
“Mereka -para ulama- dahulu mempelajari petunjuk (adab) sebagaimana mereka menguasai suatu ilmu.”
Makhlad bin Al Husain berkata pada Ibnul Mubarok,
نحن إلى كثير من الأدب أحوج منا إلى كثير من حديث
“Kami lebih butuh dalam mempelajari adab daripada banyak menguasai hadits.” Ini yang terjadi di zaman beliau, tentu di zaman kita ini adab dan akhlak seharusnya lebih serius dipelajari.
Dari sekian banyak contoh perkataan para ulama mengenai adab ( ahklak  ) kita harus sadar akan pentingnya sebuah adab (akhlak ) yang baik , ketika adab di sandingkan dengan ilmu maka kita terlebih dahulu mendulukan adab .
Adab yang baik atau prilaku yang baik tidak hanya dalam menuntut ilmu saja ,tapi dalam kehidupan sehari-hari dalam pergaulan kita kepada masyarakat, bagaimana yang muda menghormati yang tua  yang kaya menghormati yang miskin begitu juga sebaliknya.
Karena itu janganlah kita malu dalam menerapkan nilai-nilai agama dalam keseharian kita, janganlah kita mudah terbawa oleh sesuatu yang tidak ada manfaatnya terlebih lagi sesuatu yang dapat menjauhkan kita kepada sesuatu yang baik.
Label:
[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.