Tawassul, Ngalap Berkah, Ziarah Kubur, Nyarkub

Tawassul, Ngalap Berkah, Ziarah Kubur, Nyarkub
Oleh: Abdul Wafi Huddin 


عن علي ابن ميمون قال سمعت الشافعي يقول انّي لأتبرك بأبي حنيفة واجيئُ الى قبره كل يوم يعني زائرا فاذا عرضت لي حاجة صليتُ ركعتين واتيتُ الى قبره وسألتُ الله الحاجة عنده فماتبعد عنى حتى تُقضى

Dari Ali bin Maimun, beliau berkata : aku telah mendengar Imam Syafi'i berkata : "aku selalu bertabarruk dengan Abu Hanifah, dan mendatangi makamnya setiap hari untuk berziarah. Jika aku mempunyai hajat, maka aku menunaikan shalat dua raka'at lalu aku datangi makam beliau dan aku memohon hajat itu kepada Allah disisi makamnya, sehingga tidak lama kemudian hajatku segera di kabulkan."
( tarikh baghdad, al-Hafidz Abi Bakar Ahmad bin Ali al-Baghdadi, juz 1, hal 123 darul kutub al-'arabiyyah, tanpa tahun, dengan sanad yang shahih )

diceritakan pula oleh Imam Ibnu Hajar al-'Asqalaniy dalam as-Sawa'iq al-Muhriqah halaman 274 :

آل النبي ذريعتى وهم اليه وسيلتى
ارجو بهم اعطي غدا بيدي اليمين صحيفتى

"Keluarga Nabi adalah pintu wasilahku kepada Allah. Aku berharap dengan lantaran mereka kelak aku akan mendapatkan catatan amalku dengan tangan kananku."

Sikap beliau kemudian diikuti oleh para pengikutnya seperti dalam sya'ir Lii Khamsatun , yaitu :

لي خمسة اطفي بها نارالجحيم الحاطمة
المصطفى والمرتضى وابناهما وفاطمة

"Aku berharap diselamatkan dari api neraka dengan derajat lima orang yang aku miliki, yaitu Muhammad al-Mushthafa, Ali al-Murtadla dan kedua putranya ( Hasan dan Husain ), dan Fathimah."

Dan syair lain beliau bertawassul dengan orang-orang shalih, yang juga menunjukkan begitu tawadlu'nya beliau :

احبُّ الصالحين ولست منهم لعلِّي ان انال بهم شفاعة


"Aku mencintai orang-orang Shalih, meskipun aku bukan termasuk kelompok mereka, barangkali aku mendapatkan pertolongan dengan perantara mereka."
Label:
[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.